Egrang: Béda antarané révisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Tanpa ringkesan besutan
Naval Scene (dopokan | kontrib)
+terjemahna
Baris 1:
{{terjemahna|Indonesia}}
Egrang
'''Egrang''' atau '''Jangkungan''' adalah permainan tradisional Indonesia yang belum diketahui secara pasti dari mana asalnya. Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Sekitar 50 cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20 cm. Kata ''Egrang'' sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang.
Dari BudayaIndonesia
Langsung ke: navigasi, cari
 
== Arane ==
Deskripsi :
EgrangDi adalahberbagai permainandaerah tradisionaldi Indonesia yangpermainan belumEgrang diketahui secara pasti dari mana asalnya, tetapiini dapat dijumpai di berbagai daerah dengan nama berbeda-beda, seperti :Di sebagian wilayah Sumatera Barat dengan namadinamakan ''Tengkak-tengkak'' dari kata ''Tengkak'' yang artinya (pincang), Ingkau yang dalam bahasa Bengkulu dinamakan ''Ingkau'' yang berarti sepatu bambu, dan di Jawa Tengah dengan namadisebut'' Jangkungan'' yang berasal dari nama burung berkaki panjang. EgrangSedangkan sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Dalamdalam bahasa Banjar di Kalimantan Selatan disebut batungkau''Batungkau''.
 
Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Sekitar 50cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm. Cara memainkannya adalah dengan berlomba berjalan menggunakan egrang tersebut dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya. Orang yang paling cepat dan tidak terjatuh dialah pemenangnya.
== Cara dolanan ==
Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Sekitar 50cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm. Cara memainkannya adalah dengan berlomba berjalan menggunakan egrangEgrang tersebut dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya. Orang yang paling cepat dan tidak terjatuh dialahadalah pemenangnya.
 
[[Kategori:Dolanan]]