Béda antarané révisi "Wikipedia:Nggawe kaca anyar"

125 bèt wis dibusak ,  13 taun kepungkur
tanpa ringkesan besutan
* Angger nggawe halaman anyar jajal molai sekang '''pranala (link) sing wis ana'''. (Ana sing jenenge "pranala hantu (ghost links)" utawa "pranala [[abang]] (red links)" -- pranala kiye yakuwe pranala sing wis digawe lan wis dadi bagian salahsiji artikel ningen urung ana isi utawa penjelasane.
* Kudu dieling, nggawe uga '''[[Nyajekna konteks|nyajekna konteks]]''', sing isine kanggo pengantar singkat nang awal artikel.
* Pahami disit '''[[Wikipedia:Pedoman aweh jeneng artikel|Konvensikonvensi njenengi artikel]]''' wikipedia sedurung nggawe kaca anyar. PenamaanJeneng artikel sing bener menjaminisa njamin kaca/halaman sing ditulis kuwe mengko dikaitakengampang dikaitna karo halamankaca sing ana hubungane, sekaligus kanggo menghindaringindari perobahan jeneng mengkone.
* HalamanKaca anyar kudhukudu dimulaidimolai karonganggo kalimat sing sempurna (lengkap), aja kaya nggawe definisi nang kamus. '''TonjolakenTonjolna''' kalimat utawa katatembung-katatembung isngsing dadi judul nang awal artikel (umume nang kalimat pertama).
 
----
 
'''PERINGATAN''': Aja nganti nulis artikel sing : pendek banget, ora nana hubungane karo judul, isine katatembung-katatembung kotorora senonoh lan ora memuatngandung informasi sing mandan cukup. Angger kedaden kaya kiye JenengannJenengan bisaisa kena blokir aksese.
 
----
 
==Cara-Caracara Kanggonggawe Gawekaca Halaman Anyaranyar==
=== Gawe Halamankaca Anyaranyar Sekangsekang Pranalapranala (link) sing wis ana ===
Nek kepengin miwiti kaca anyar, njenengan isa nggawe liwat ''link abang'' sing wis ana neng salah siji kaca/artikel sing wis dadi (pranala internal).
Untuk memulai halaman baru, Anda bisa menggunakan ''link'' yang sudah ada di sebuah halaman.
 
Pranala-pranala internal yangkuwe menujuumume halaman-halamankanggo yangngelengkapi belumartikel adasing biasanyawis diciptakanana dalamutawa prosessengaja persiapandisiapna sebuahkanggo halaman,mancing dan/atauwong untukliya menggalakkanngisi orang lain untuk memulainya. Pranala-pranala ini biasanya berwarnaabang/kosong merahkuwe.
 
Ngeklik tur ngisi pranala [[abang]] kaya kiye kuwe pada baen njenengan nggawe artikel anyar.
Mengklik pranala seperti ini akan membawa Anda kepada mode penyuntingan halaman baru.
 
Sebelum mengklik pranala penyuntingan, putuskan apakah Anda ingin memberi halaman baru tersebut judul tersebut. Jika tidak, sunting dahulu pranala yang ada di halaman perujuknya.
 
Anda tentu saja dapat menciptakan pranalanya sendiri, di halaman yang bersangkutan atau di halaman indeks. Meskipun begitu, Anda sebaiknya menciptakan pranala setelah selesai menulis halaman baru, khususnya jika pranala tersebut akan menggantikan sebuah pranala yang menuju ke halaman yang sudah ada. Dalam situasi seperti ini Anda dapat menciptakan pranala tetapi jangan klik 'Simpan halaman' tetapi gunakan 'Lihat pratayang' dahulu (agar dapat memastikan bahwa link tersebut bekerja).
Perlu diperhatikan juga bahwa pranala-pranala pada halaman yang bersangkutan membuat navigasi antar halaman menjadi lebih nyaman, dan juga membuat orang mengetahui adanya halaman baru tersebut.
 
===GaweNgaawe Halamankaca Anyaranyar Sekangsekang URL===
 
Jika Anda mengetikkan URL (alamat internet) Wikipedia yang belum mempunyai isi/informasi, Anda akan menemukan sebuah halaman yang menampilkan pesan seperti [[MediaWiki:Noarticletext|ini]].
Anda menggunakan URL halaman [[Candi]] yang berada di:
 
http://bdfmap-bms.wikipedia.org/wiki/CandiIndonesia
 
Lalu jika Anda ingin memulai halaman baru yang berjudul 'HalamanArtikel Anyaranyar', ganti bagian belakangnya menjadi:
 
http://bdfmap-bms.wikipedia.org/wiki/Halaman_AnyarArtikel_anyar
 
=== GaweNggawe Pranalapranala Mingneng Halamankaca Liyaliya ===
Ketika Anda mengedit suatu artikel, jika ada suatu kata atau frasa memberi ide bahwa perlu ada artikel tersendiri untuk menjelaskannya lebih lanjut, beri saja dua kurung siku di sisi-sisinya, <code><nowiki>[[seperti ini]]</nowiki></code>. Kita sebut sebagai pe-"wiki"-an teks. Setelah Anda simpan artikel tadi, maka kata tadi secara ajaib akan dikaitkan dengan artikel lain yang sudah ada, atau akan menjadi satu kait berwarna merah seperti yang dijelaskan di atas, yaitu memungkinkan penambahan artikel baru. Demikianlah cara jitu untuk menulis artikel.
 
=== GaweNggawe Halamankaca Singsing Benerbener-Benerbener Anyaranyar ===
Jika Anda ingin membuat satu halaman yang sama sekali baru, ada baiknya melakukan pencarian (search) terlebih dahulu menggunakan kotak "cari" (lihat di bagian kiri halaman ini, misalnya) dan lihat apakah belum ada sama sekali orang lain yang membuat halaman dengan topik tersebut ataupun yang mirip dengannya.
 
Sekiranya belum ada seorang pun membuat halaman dengan subjek yang Anda maksud, silahkan cari topik-topik yang relevan (seringkali kategori umum, seperti [[Pendidikan]] atau [[Olah raga]]), sunting halaman ''itu'', kemudian (di tempat yang sesuai) tambahkan judul artikel yang anda akan buat dengan cara menaruh dua pasang kurung siku, <code><nowiki>[[seperti ini]]</nowiki></code>. Kemudian tekan tombol "Simpan halaman" di bagian bawah halaman. Di halaman yang baru saja Anda sunting akan terlihat pranala berwarna merah yang bisa diklik atau bisa juga muncul tanda tanya (tergantung dari preferensi yang Anda pasang); klik di tempat itu dan mulailah mengerjakan halaman tersebut! Kebiasaan yang baik ini akan menjaga ensiklopedia tetap terstruktur dengan rapi.
 
===Nganggo Kothakkothak Njajalnjajal===
Cara lainnya adalah menggunakan [[Wikipedia:bakKothak pasirnjajal|bakkothak pasirnjajal]]!
 
* Sunting kothak njajal (bak pasir, (sandbox, tempat uji coba/bermain), kemudian buat sebuah pranala.
* Kemudian mulai/sunting halaman baru dengan mengklik pranala, serta menuliskan teks.
 
''Catatan'': BakKothak pasirnjajal (bak pasir/sandbox) secara teratur dihapus, jadi jangan lupa menandai halaman-halaman yang sudah Anda buat, untuk dapat menyuntingnya lagi di lain kesempatan. Jika Anda anggota yang terdaftar, akan muncul juga di bawah "''Sumbangan saya''" pada Quickbar di kanan atas halaman.
 
Ada baiknya juga halaman yang baru dituliskan diuji dengan pemeriksa ejaan (spell checker) sebelum dikirim. Anda mungkin juga merasa nyaman untuk membuat salinan dari halaman yang dimaksud, menyuntingnya, lalu menaruhnya kembali (paste) di halaman itu.