Charles Darwin: Béda antarané révisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Shrikarsan (dopokan | kontrib)
Removing Link GA template as it is now available in wikidata
c Replace; owahan kosmetika
Baris 22:
| footnotes =
}}
'''Charles Robert Darwin''' ({{lahirmati|[[Shrewsbury]], [[Shropshire]], [[Inggris]]|12|12|1809|[[Downe]], [[Kent]], [[Inggris]]|19|4|1882}}) kuwe salah siji [[Sejarah alam|naturalis]] [[Inggris]] sing teori revolusionere dadi pondasi kanggo teori [[evolusi]] modern lan prinsip garis keturunan sing padha (''common descent'') nganggo mekanisme [[seleksi alam]]. Teori kiye sekiye dianggep dadi komponen integral sekang [[biologi]] (ilmu hayat).
 
Ia mengembangkan minatnya dalam sejarah alam ketika ia mula-mula belajar [[ilmu kedokteran]], danlan kemudian [[teologi]], di universitas. Perjalanan lautnya ke seluruh dunia selama lima tahun di atas kapal [[HMS Beagle|HMS ''Beagle'']] tulisan-tulisannya yangsing berikutnya menjadikannya seorang [[geologi]]s terkemuka danlan penulis yangsing terkenal. Pengamatan [[biologi]]snya membawanya kepada kajian tentang [[transmutasi spesies]] danlan ia mengembangkan teorinya tentang seleksi alam pada 1838. Karena sadar sepenuhnya bahwa orang-orang lain yangsing mengemukakan gagasan-gagasan yangsing dianggap sesat seperti itu mengalami hukuman yangsing hebat, ia hanya menyampaikan penelitiannya ini kepada teman-teman terdekatnya. Namun ia meneruskan penelitiannya dengan menyadari akan munculnya berbagai keberatan terhadap hasilnya. Namun pada 1858 informasi bahwa [[Alfred Russel Wallace]] juga menemukan teori serupa mendorongnya melakukan penerbitan bersama tentang [[teori Darwin]].
 
Bukune ''On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life'' (biasane desingkat dadi ''[[The Origin of Species]]'') ([[1859]]) kuwe karyane sing paling kondangkonlang nganti sekiye. Buku kiye njelasna evolusi liwat [[garis keturunan sing padha]] kanggo penjelasan ilmiah sing dominan bab keanekaragaman nang jroning alam. Darwin diangkat dadi [[Fellow of the Royal Society]], nerusna penelitiane, lan nulis serangkaian buku bab [[tanduran]] lan [[kewan]], termasuk manusia, lan sing menonjol yakuwe ''[[The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex]]'' lan ''[[The Expression of the Emotions in Man and Animals]]''. Bukune sing keri dhewek yakuwe bab [[cacing tanah]].
 
Kanggo ngakoni kehebatane Darwin, dheweke dikebumikna nang [[Westminster Abbey]], bareng karo [[William Herschel]] lan [[Isaac Newton]].
Baris 32:
== Kehidupan ==
=== Masa kecil ===
[[Gambar:Charles Darwin 1816.jpg|thumbjmpl|190px|Charles Darwin, tujuh tahun, pada 1816, setahun sebelum ibunya tiba-tiba meninggal dunia.]]
 
Charles Darwin dilahirkan di [[Shrewsbury, Shropshire]], [[Inggris]], di rumah keluarganya, ''the Mount House''. Ia adalah anak kelima dari enam bersaudara dari seorang dokter yangsing kaya, [[Robert Darwin]] danlan [[Susannah Wedgwood]]. Kakeknya, [[Erasmus Darwin]] dari pihak ayah danlan [[Josiah Wedgwood]] dari pihak ibunya. Keduanya berasal dari keluarga Inggris terkemuka, [[keluarga Darwin — Wedgwood]] yangsing mendukung gereja [[Unitarianisme|Unitarian]]. Ibunya meninggal dunia ketika Charles masih berusia delapan tahun. Ketika pada tahun berikutnya ia bersekolah di [[Sekolah Shrewsbury]] yangsing tidak begitu jauh, ia tinggal di asrama sekolah itu.
 
Berkat kekayaan orang tuanya, Darwin menikmati kenyamanan danlan mempunyai akses untuk mengenyam fasilitas-fasilitas pendidikan yangsing bagus. Namun demikian, ayahnya kuatir akan masa depan Darwin, karena ia hanya bersenang-senang dengan berburu, main-main dengan anjing danlan menangkap tikus. Ayahnya khawatir bahwa Darwin akan membawa malu keluarga. Walaupun Darwin sudah sejak dini tertarik [[biologi]], untuk menyenangkan ayahnya, ia mengambil studi kedokteran.
 
Pada 1825, setelah melewati musim panas sebagai seorang dokter magang, menolong ayahnya merawat orang-orang miskin di [[Shropshire]], Darwin melanjutkan ke [[Universitas Edinburgh]] untuk belajar kedokteran. Namun ia sangat membenci kebrutalan praktik bedah sehingga ia meninggalkan studinya. Ia belajar bagaimana mengawetkan binatang dari [[John Edmonstone]], seorang budak kulit hitam yangsing telah dibebaskan, yangsing menceritakan kepadanyakepalanya kisah-kisah menarik mengenai [[hutan tropik]] di Amerika Selatan. Pada tahun keduanya, Darwin menjadi aktif dalam perhimpunan mahasiswa untuk para [[sejarah alam|naturalis]]. Ia menjadi murid yangsing giat dari [[Robert Edmund Grant]]. Grant adalah orang yangsing merintis pengemangan teori-teori [[Jean-Baptiste Lamarck]] danlan teori kakek Charles, Erasmus, mengenai evolusi dengan meneliti karakteristik. Darwin ikut serta dalam penelitian Grant mengenai siklus hidup binatang laut di pantai [[Firth of Forth]] yangsing menemukan bukti untuk ''[[homologi (biologi)|homologi]]'', teori radikal bahwa semua binatang mempunyai organ yangsing serupa danlan hanya berbeda-beda dalam kompleksitasnya. Pada Maret 1827, Darwin memberikan presentasi kepada [[Perhimpunan Plinian]] tentang penemuannya sendiri bahwa spora-spora hitam yangsing seringkali ditemukan pada kulit tiram adalah telur-telur sejenis lintah (''skate leech''). Ia juga mengikuti kuliah [[Robert Jameson]] mengenai [[sejarah alam]], danlan belajar tentang [[geologi]] [[stratigrafik]] serta [[alpha taxonomy|bagaimana mengklasifikasikan tanaman]] sementara memantu dengan pekerjaan mengembangkan koleksi yangsing luas dari [[Royal Museum|Museum Universitas Edinburgh]].
 
[[Gambar:Charles Robert Darwin by John Collier cropped.jpg|thumbjmpl|200px|Semasa hidupnya danlan setelah kematiannya, Charles Darwin terkenal secara internasional sebagai ilmuwan berpengaruh yangsing meneliti topik-topik kontroversial.]]
Pada 1827, ayahnya yangsing tidak gembira karena anak tidak berminat untuk menjadi dokter, diam-diam mendaftarkannya dalam sebuah program [[Bachelor of Arts]] di [[Christ's College, Cambridge|Christ's College]], [[Universitas Cambridge]], untuk menyiapkannya menjadi pendeta. Ini adalah sebuah pilihan yangsing masuk akal saat itu ketika para pendeta [[Anglikanisme|Anglikan]] memperoleh penghasilan yangsing lumayan, danlan kebanyakan dari kaum naturalis di Inggris saat itu adalah pendeta yangsing menganggap bagian dari tugas mereka adalah "menjelajahi keajaiban-keajaiban ciptaan Tuhan". Di Cambridge, Darwin lebih suka menunggang kuda danlan menembak daripada belajar. Bersama-sama sepupunya, [[William Darwin Fox]], ia tenggelam dalam kegemaran saat itu untuk berlomba mengumpulkan [[kumbang]]. Fox pun memperkenalkannya kepada Pendeta [[John Stevens Henslow]], profesor [[botani]], untuk mendapatkan nasihat ahli tentang kumbang. Kemudian Darwin ikut dalam kelas sejarah alam Henslow, menjadi murid kesayangannyakesasingannya, danlan kemudian dikenal sebagai "orang yangsing berjalan bersama Henslow". Ketika ujian tiba, Darwin memusatkan perhatiannya lebih pada studinya danlan mendapatkan kelas tambahan khusus dari Henslow dalam mata pelajaran matematika danlan teologi. Darwin khususnya sangat tertarik akan tulisan-tulisan [[William Paley]], termasuk [[argumen teleologis|argumen tentang rancangan ilahi dalam alam]]. Dalam ujian-ujian akhirnya pada Januari 1831, ia berhasil dengan baik dalam teologi danlan karena ia belajar keras dalam [[studi klasik]], [[matematika]] danlan [[fisika]], ia muncul pada peringkat 10 dari 178 mahasiswa yangsing lulus.
 
Tuntutan residensi mewajibkan Darwin tinggal di Cambridge hingga Juni. Mengikuti teladantelalan danlan nasihat Henslow, ia tidak tergesa-gesa untuk menjadi pendeta. Ia diilhami oleh tulisan [[Alexander von Humboldt]], ''Personal Narrative'', danlan karena itu ia berencana mengunjungi [[Kepulauan Madeira]] untuk mempelajari sejarah alam di daerah tropik dengan sejumlah teman sekelasnya setelah lulus. Untuk mempersiapkan diri, Darwin mengambil kelas geologi dari Pendeta [[Adam Sedgwick]], seorang penganjur kuat dari [[sejarah ciptaanisme|rancangan ilahi]], danlan pada musim panas pergi bersamanya untuk membantu dalam memetakan lapisan (strata) di [[Wales]]. Darwin sedangselang melakukan penelitian stratanya sendiri ketika rencananya untuk pergi ke Madeira dibatalkan oleh pesan bahwa rekan yangsing akan pergi bersamanya telah meninggal dunia, namun ketika ia pulang ke rumah ia menerima surat yangsing lain. Henslow telah memberikan rekomendasi untuk Darwin untuk posisi yangsing tidak dibayar untuk menjadi pendamping bagi [[Robert FitzRoy]], kapten [[HMS Beagle|HMS ''Beagle'']], dalam sebuah ekspedisi dua tahun untuk menjelajahi garis pantai [[Amerika Selatan]]. Hal ini akan memberikan Darwin kesempatan yangsing berharga untuk mengembangkan kariernya sebagai seorang naturalis. Ayahnya menentang perjalanan itu, menganggapnya sebagai pemborosan waktu, namun ia terbujuk oleh [[Josiah Wedgwood II]] hingga menyetujui partisipasi anaknya. Perjalanan ini menjadi ekspedisi lima tahun yangsing menyebabkan perubahan-perubahan dramatis dalam banyak bidangbilang ilmu pengetahuan.
 
=== Perjalanan dengan ''Beagle'' ===
[[Gambar:HMS_Beagle_by_Conrad_Martens.jpg|thumbjmpl|245px|rightka|Sementara [[HMS Beagle|HMS ''Beagle'']] menyelidiki pantai-pantai liar [[Amerika Selatan]], Darwin mulai mengembangkan teori tentang keajaiban alam di sekitarnya.]]
 
Darwin sudah memutuskan bahwa sudah menjadi jalan hidupnya untuk menjadi pendeta danlan hidup dengan tenang ketika ia menerima tawaran yangsing sangat menggoda. Darwin diundangdiunlang untuk mendampingi Kapten [[Robert FitzRoy]] di kapal [[HMS Beagle]]. Pada waktu itu, sudah menjadi kebiasaan bahwa kapten kapal mempunyai pendamping selama ekspedisi kapal yangsing biasanya berlangsung selama bertahun-tahun. Karena kedudukan Kapten FitzRoy yangsing cukup tinggi, hanya seorang 'gentleman' yangsing dapat menjadi pendampingnya. Garis nigrat Darwin terbukti berguna. Walaupun ekspedisi ini bertujuan untuk membuat peta kelautan, FitzRoy diam-diam mempunyai rencana untuk mencari bukti-bukti penciptaan seperti yangsing tertulis di Kitab [[Injil]]. Ironisnya, Darwin dipilih oleh FitzRoy karena Darwin adalah calon pendeta, selain juga berkat darah ningratnya.
 
Survai ''Beagle'' berlangsung lima tahun. Darwin menghabiskan dua pertiga dari waktunya ini untuk menjelajani daratan. Ia menyelidiki beraneka ragam penampilan geologis, [[fosil]] danlan organisme hidup, danlan menjumpai beraneka ragam manusia, baik masyarakat pribumi maupun kolonial. Secara metodik ia mengumpulkan sejumlah besar spesimen, banyak di antaranya baru bagi ilmu pengetahuan. Hal ini mengukuhkan reputasinya sebagai seorang naturalis danlan menjadikannya salah seorang perintis dalam bidangbilang [[ekologi]], khususnya pemahaman tentang [[biokoenosis]]. Catatan-catatan terincinya yangsing panjang lebar memperlihatkan karunianya untuk membangun teori danlan membentuk dasar bagi pekerjaannya di kemudian hari, serta memberikan pemahaman [[Antropologi|antropologisantropologi]]s sosial, politik yangsing mendalam tentang daerah-daerah yangsing dikunjunginya.
 
Dalam pelayaran itu, Darwin membaca buku [[Charles Lyell]], ''Principles of Geology'' (''Prinsip-prinsip Geologi''), yangsing menjelaskan penampilan geologis sebagai akibat dari proses bertahap selama berbagai periode yangsing panjang, danlan menulis surat kepada keluarganya bahwa ia menyaksikan bentuk-bentuk tanah "seolah-olah ia mempunyai mata Lyell": ia melihat dataran-dataran dari lapisan tipis (shingle) yangsing terjal danlan kerang-kerang di [[Patagonia]] sebagai pantai-pantai yangsing menaik. Di [[Chili]] ia mengalami gempa bumi danlan mencatat dasar-dasar laut dengan [[mussel|kerang]] yangsing terdampar di atas pasang yangsing tinggi yangsing memperlihatkan bahwa tanah itu telah menaik; danlan bahkan pada tempat-tempat yangsing tinggi di [[Andes]], ia dapat mengumpulkan kerang-kerang laut. Ia membuat teori bahwa [[atol]]-atol karang membentuk pada gunung-gunung vulkanik yangsing tenggelam, sebuah gagasan yangsing ia lihat dikukuhkan ketika ''Beagle'' menyelidiki [[Kepulauan Cocos (Keeling)]].
 
Di Amerika Selatan ia menemukan fosil-fosil mamalia raksasa yangsing telah punah, teermasuk [[megatherium|megatheria]] danlan [[gliptodon]] dalam lapisan-lapisan yangsing tidak memperlihatkan tanda-tanda katastrofi ataupun perubahan iklim. Sesekali ia mengangggap mereka serupa dengan spesies-spesies di Afrika, tetapi setelah pelayaran [[Richard Owen]] memperlihatkan bahwa sisa-sisa itu berasal dari binatang-binatang yangsing terkait dengan makhluk-makhluk hidup di tempat yangsing sama. Di [[Argentina]] dua spesies dari [[Rhea (burung)|rhea]] mempunyai wilayah-wilayah yangsing terpisah namun bertumpang tindih. Di [[Kepulauan Galápagos]] Darwin menemukan bahwa [[mockingbird]] berbeda dari satu pulau ke pulau lainnya, danlan ketika kembali ke Britania kepadnya diperlihatkan bahwa [[kura-kura]] Galápagos [[tortoise]] danlan burung-burung [[finch]] juga berbeda-beda spesiesnya tergantung pada masing-masing pulau yangsing mereka huni. Binatang berkantung Australia [[Potoridae|kanguru tikus]] danlan [[platipus]] adalah binatang-binatang yangsing sangat aneh sehingga ia berpikir "Orang yangsing tidak percaya ... mungkin akan berkata 'Pastilah dua Pencipta yangsing berbeda telah bekerja'." Ia dibingungkan oleh apa yangsing dilihatnya, danlan ssementara dalam edisi pertama dari ''[[The Voyage of the Beagle]]'' (Pelayaran di Beagle) ia menjelaskan distribusi spesies berdasarkan gagasan [[Charles Lyell]] tentang "pusat-pusat ciptaan", dalam edisi-edisi yangsing belakangan dari ''Journal'' ini, ia mulai membayangkanmembasingkan penggunaan fauna Kepulauan Galápagos sebagai bukti untuk evolusi: "orang mungkin benar-benar menduga bahwa dari sejumlah kecil burung yangsing asli di kepulauan ini, satu spesies telah diambil danlan dimodifikasi untuk tujuan-tujuan yangsing berbeda."
 
Tiga orang misionaris pribumi dikembalikan oleh ''Beagle'' ke [[Tierra del Fuego]]. Mereka telah diberadabkan di Inggris selama dua tahun, namun sanak keluarga mereka di mata Darwin tampak "liar", sedikit di atas binatang. Dalam waktu setahun, para misionaris itu telah kembali ke kehidupan mereka yangsing keras danlan primitif, namun mereka lebih menyukainya danlan tidak ingin kembali ke dunia yangsing beradab. Pengalaman ini danlan penolakan Darwin terhadap [[perbudakan]] danlan berbagai perlakuan yangsing tidak manusiawi lainnya yangsing dilihatnya di tempat-tempat lain, seperti misalnya perlakuan buruk terhadap kaum pribumi oleh para kolonis Inggris di [[Tasmania]] meyakinkannya bahwa tidak ada pembenaran moral apapun untuk memperlakukan orang lain dengan buruk berdasarkan konsep ras. Kini ia berpendapat bahwa umat manusia tidaklah terlalu jauh dari binatang, berbeda dengan apa yangsing diyakini oleh teman-temannya kaum agamawan.
 
Sementara di kapal, Darwin mengalami mabuk laut. Pada Oktober 1833 ia mendapat demam di Argentina, danlan pada Juli 1834, ketika kembali dari pegunungan Andes ke [[Valparaíso]], ia jatuh sakit danlan terpaksa tinggal di tempat tidur selama sebulan. Sejak 1837 Darwin berulang-ulang menderita sakit perut, muntah-muntah, bisul yangsing parah, jantung berdebar-debar, gemetaran danlan berbagai gejala lainnya. Semua gejala ini khususnya memengaruhinya pada saat-saat ia merasa tertekan, seperti misalnya ketika menghadiri pertemuan-pertemuan atau berhadapan dengan pertikaian mengenai teorinya. Penyebab [[penyakit Darwin]] tidak diketahui pada masa hidupnya, danlan berbagai upaya untuk merawatnya tidak banyak berhasil. Spekulasi baru-baru ini menyebutkan bahwa di Amerika Selatan ia terkena [[penyakit Chagas]] karena gigitan serangga, yangsing menyebabkan berbagai masalah belakangan. Penyebab lainnya yangsing mungkin antara lain adalah masalah-masalah psiko-biologis danlan [[penyakit Ménière]].
 
=== Karier dalam ilmu pengetahuan, pembentukan teori ===
{{main|Pendirian Teori Darwin}}
[[Gambar:Charles_Darwin_by_G._Richmond.jpg|thumbjmpl|leftkiri|Ketika masih muda, Charles Darwin bergabung dengan elit ilmiah.]]
 
Ketika masih dalam pelayaran, [[John Stevens Henslow|Henslow]] dengan hati-hati memperkuat reputasi bekas muridnya dengan memberikan kepada sejumlah naturalis terpilh akses kepada contoh-contoh fosil danlan salinan-salinan tercetak tulisan-tulisan geologis Darwin. Ketika ''Beagle'' kembali pada [[2 Oktober]] [[1836]], Darwin telah menjadi terkenal di kalangan ilmiah. Ia mengunjungi keluarganya di Shrewsbury danlan ayahnya mengembangkan tabungan agar Darwin dapat menjadi seorang ilmuwan yangsing didukung dengan dananyalananya sendiri. Kemudian Darwin pergi ke [[Cambridge, Cambridgeshire|Cambridge]] danlan membujuk Henslow agar mengerjakan deskripsi botanis tentang tanaman-tanaman modern yangsing telah dikumpulkannya. Setelah itu Darwin berkeliling ke lembaga-lembaga di [[London]] untuk mencari naturalis terbaik yangsing ada untuk menggambarkan koleksi-koleksinya yangsing lain untuk penerbitan pada waktu yangsing tepat. [[Charles Lyell]] yangsing sangat bersemangat menemui Darwin pada [[29 Oktober]] danlan memperkenalkannya kepada [[Richard Owen]] seorang ahli anatomi yangsing sedangselang naik daun. Setelah mengerjakan koleksi tulang-tulang fosil Darwin pada [[Perhimpunan Ahli Bedah Kerajaan]]-nya, Owen menimbulkan kejutan besar dengan mengungkapkan bahwa sebagian daripadanyadaripalanya berasal dari [[tikus]]-tikus danlan sejenis binatang merayap raksasa yangsing telah musnah. Hal ini meningkatkan reputasi Darwin. Dengan dukungan Lyell yangsing antusias, Darwin menyampaikan makalahnya yangsing pertama kepada [[Perhimpunan Geologis London]] pada [[4 Januari]] [[1837]], danlan mengatakan bahwa tanah Amerika Selatan pelan-pelan sedangselang menaik. Pada hari yangsing sama Darwin menyajikan contoh-contoh mamalia danlan burungnya kepada [[Perhimpunan Zoologis London]]. Binatang-binatang mamalia itu diambil oleh [[George Robert Waterhouse|George R. Waterhouse]]. Meskipun burung-burung itu kelihatannya seperti pemikiran yangsing baru muncul belakangan, [[John Gould]], seorang ahli burung mengungkapkan bahwa apa yangsing disangka Darwin sebagai "wren", burung-burung hitam, danlan [[finch]] yangsing agak berbeda-beda dari Galápagos semuanya adalah [[finch]], tetapi masing-masing merupakan spesies yangsing berbeda. YangSing lainnya di ''Beagle'' termasuk FitzRoy juga telha mengumpulkan burung-burung ini danlan lebih cermat dengan catatan-catatan mereka, hingga memungkinkan Darwin menemukan dari pulau mana masing-masing spesies itu berasal.
 
Di London Charles tinggal dengan saudaranya, [[Erasmus Alvey Darwin|Erasmus]], seorang [[pemikiran bebas|pemikir bebas]]. Pada pesta-pesta jamuan makan ia berjumpa dengan sejumlah [[cendikiawan]] yangsing berpendapat bahwa Tuhan telah menetapkan kehidupan sebelumnya dengan hukum-hukum alam, ketimbang dengan ciptaan-ciptaan yangsing ajaib untuk sementara. Sahabat saudaranya, Nn. [[Harriet Martineau]] adalah seorang penulis yangsing cerita-ceritanya mempromosikan pembaruan-pembaruan [[Hukum orang miskin]] [[Whig]] [[Thomas Malthus|Malthus]]. Kalangan ilmiah heboh dengan gagasan-gagasan tentang [[transmutasi spesies]] yangsing secara kontroversial dikaitkan dengan [[Radikalisme (historis)|kehebohan ''Radikal'']]. Darwin lebih suka akan teman-temannya yangsing terhormat, para profesor Cambridge, meskipun gagasan-gagasannya melampaui keyakinan mereka bahwa sejarah alam harus membenarkan agama danlan tatanan sosial.
 
Pada [[17 Februari]] [[1837]], Lyell menggunakan pidato kepresidenannya di Perhimpunan Geografis untuk menyajikan temuan-temuan Owen untuk menentukan tanggal fosil-fosil Darwin, danlan menunjukkan inferensi bahwa spesies-spesies dari binatang-binatang yangsing telah pu nah itu terkait dengan spesies-spesies dari yangsing ada sekarang di tempat yangsing sama. Pada pertemuan yangsing sama Darwin terpilih menjadi anggota Dewan Perhimpunan itu. Ia sudah diundangdiunlang oleh FitzRoy untuk menyumbangkan tulisan dalam ''Journal'' berdasarkan catatan-catatan lapangannya sebagai bagian sejarah alam tentang laporan kapten dari pelayaran ''Beagle''. Kini ia tenggelam dalam penulisan buku mengenai geologi Amerika Selatan. Pada saat yangsing sama ia berspekulasi tentang transmutasi dalam ''Buku Catatan Merah''-nya yangsing telha dimulainya di atas ''Beagle''. Sebuah proyek lain yangsing dimulainya mendapatkan laporan-laporan para ahli tentang koleksinya yangsing diterbitkan sebagai rangkaian terbitan ''Zoology of the Voyage of H.M.S. Beagle'' (Zoologi dari Pelayaran H.M.S. Beagle), danlan Henslow menggunakan kontak-kontaknya untuk mengatur pemberian sebesar £1,000 dari Perbendaharaan untuk mensponsorinya. Darwin menyelesaikan penulisan ''Journal''-nya sekitar [[20 Juni]] ketika Raja [[William IV dari Britania Raya|William IV]] meninggal dunia danlan zaman [[Victoria dari Britania Raya|Victoria]] dimulai. Pada pertengahan Juli ia memulai ''buku catatan "B"''-nya yangsing rahasia tentang transmutasi, danlan mengembangkan [[hipotesis]] bahwa di mana setiap pulau dari Kepulauan Galápagos mempunyai jenis [[kura-kura]]nya sendiri, semuanya itu berasal dari satu spesies kura-kura danlan telah menyesuaikan diri dengan pulau-pulau yangsing berlainan dalam cara yangsing berbeda-beda.
 
Di bawah tekanan untuk menata ''Zoologi'' danlan mengoreksi naskah-naskah untuk ''Journal''-nya, kesehatan Darwin mengalami kemunduran. Pada [[20 September]] [[1837]] ia menderita "jantung yangsing berdebar-debar" danlan pergi ke daerah pedesaan untuk memulihkan kesehatannya. Ia mengunjungi [[Maer Hall]] tempat bibinya yangsing invalid diasuh oleh anak perempuannya yangsing tetap melajang, [[Emma Darwin|Emma Wedgwood]], danlan menghibur sanak keluarganya dengan cerita-cerita mengenai perjalanannya. Pamannya, [[Josiah Wedgwood II|Jos]] menunjukkan sebuah tempat di tanah di mana
''cinders'' menghilang di bawah [[loam]] danlan mengatakan bahwa itu semua adalah pekerjaan cacing tanah. Darwin memperoleh gagasan untuk sebuah percakapan yangsing disampaikannya kepada Perhimpunan Geologis pada [[1 November]], tentang topik yangsing sangat biasa tentang cacing tanah. Ia telah menghindari jabatan-jabatan resmi yangsing dapat menyita waktunya yangsing berharga, namun pada Maret itu, Whewell telah merekrutnya sebagai Sekretaris dari Perhimpunan Geologis. Sakitnya membuat Darwin beristirahat dari tekanan pekerjaan, danlan ia pergi melakukan penelitian geologi di Skotlandia. Dalam udara yangsing cerah ia mengunjungi [[Glen Roy]] untuk melihat fenomena yangsing dikenal sebagai "jalan-jalan" yangsing - secara keliru - disebutnya sebagai pantai-pantai yangsing menaik.
 
[[Gambar:Emma Darwin.jpg|thumbjmpl|leftkiri|Charles memilih menikahi sepupunya, [[Emma Darwin|Emma Wedgwood]].]]
Setelah sembuh total, ia kembail ke rumahnya di Shrewsbury. Ia memikirkan karier danlan prospeknya secara ilmiah, danlan karena itu ia menyusun sebuah daftar dengan dua kolom dengan judul ''"Menikah"'' danlan ''"Tidak Menikah"''. Daftar yangsing dimasukkan di bawah kolom pro-perhikahan mencakup "pendamping tetap danlan teman pada usia tua ... betapapun lebih baik daripada seekor anjing," sementara daftar di antara yangsing kontra adalah "lebih sedikit uang untuk buku" danlan "hilangnya waktu yangsing sangat menyedihkan." Pertimbangan pro akhirnya menang. Ia membicarakan hal ini dengan ayahnya lalu pergi mengunjungi sepupunya Emma pada [[29 Juli]] [[1838]]. Ia tidak langsung melamar, namun berlawanan dengan nasihat ayahnya, ia menceritakan kepada Emma gagasannya tentang transmutasi. Sementara pikiran danlan pekerjaannya berlanjut di London pada msuim gugur, ia berkali-kali jatuh sakit. Pada [[11 November]] ia kembali danlan melamar Emma, danlan sekali lagi menceritakan kepadanyakepalanya gagasan-gagasannya. Ia menerimanya, namun belakangan menulis danlan memohon kepadanyakepalanya agar membaca dari [[Injil Yohanes]] bagian tentang kasih danlan mengikut ''Jalan'' yangsing juga menyatakan bahwa ''"Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia ... dicampakkan ke dalam api lalu dibakar".'' Charles mengirimkan jawaban yangsing hangat yangsing menghapuskan keprihatinannya, namun Emma tetap kuatir bahwa kemunduran iman Charles akan membahayakan harapannya bahwa mereka akan berjumpa lagi dalam kehidupan setelah kematian.
 
=== Pernikahan danlan anak-anak ===
[[Gambar:Charles and William Darwin.jpg|thumbjmpl|185px|Darwin pada 1842 dengan anak sulungnya, [[Darwin — Wedgwood family|William Erasmus Darwin]].]]
 
Pada [[29 Januari]] [[1839]], Darwin menikahi sepupunya [[Emma Darwin|Emma Wedgwood]] di Maer dalam sebuah upacara [[Anglikan]] yangsing diatur agar sesuai dengan kaum [[Unitarian]].
 
Setelah pertama-tama tinggal di Gower Street, [[London]], pasangan ini pindah pada [[17 September]] [[1842]] ke [[Down House]] di [[Downe]] (yangsing kini terbuka untuk kunjungan masyarakat, di selatan [[Orpington]]). Keluarga Darwin mempunyai sepuluh orang anak, tiga di antaranya meninggal dalam usia dini. Banyak dari mereka danlan cucu-cucu mereka kelak menjadi terkenal (lihat [[keluarga Darwin — Wedgwood]])
 
* William Erasmus Darwin ([[27 Desember]] [[1839]]–[[1914]])
Baris 94:
* [[Charles Waring Darwin]] ([[6 Desember]] [[1856]]–[[28 Juni]] [[1858]])
 
Beberapa dari anak-anak mereka menderita penyakit atau lemah tubuhnya. Charles Darwin kuatir bahwa hal ini mungkin disebabkan karena garis keturunannya dengan Emma cukup dekat. Hal ini diungkapkannya dalam tulisan-tulisannya tentang akibat-akibat buruk yangsing ditimbulkan dari perkawinan antar kerabat dekat danlan keuntungan dari perkawinan silang.
 
 
=== Pengembangan teori ===
{{utama|Perkembangan teori Darwin}}
[[Gambar:Charles Darwin.jpg|framebingkai|leftkiri|Karena kuatir akan kritik dari kaum ilmuwan danlan agamawan, Darwin menghabiskan puluhan tahun untuk mengembangkan teori-teori evolusinya, danlan pada umumnya secara rahasia.]]
 
Darwin sudah lama berpikir tentang evolusi ide; bahwa semua species berhubungan satu sama lain danlan mempunyai "common ancestor" (berasal dari satu garis keturunan) danlan melalui mutasi species baru muncul. Namun dia masih penasaran tentang mekanisme bagaimana proses itu terjadi. Secara kebetulan, ia membaca tulisal-tulisan [[Thomas Malthus]]. [[Thomas Malthus|Malthus]] berpendapat bahwa populasi manusia bertambah lebih cepat daripada produksi makanan, sehingga menyebabkan manusia bersaing satu sama lain untuk memperebutkan makanan danlan menjadikan perbuatan amal sia-sia. Dengan gembira Darwin menggunakan mekanisme ini untuk menjelaskan teorinya. Ia menulis: "Manusia cenderung untuk bertambah dalam tingkat yangsing lebih besar daripada caranya untuk bertahan. Akibatnya, sesekali ia harus berjuang keras untuk bertahan, danlan seleksi alam akan memengaruhi apa yangsing terletak di dalam jangkauan ini." (''Descent of Man'', Ps.21) Ia menghubungkan hal ini dengan temuan-temuannya mengenai spesies-spesies yangsing terkait dengan tempat-tempat, penelitiannya tentang pengembang-biakan binatang, danlan gagasan tentang "[[hukum seleksi alam]]" (Natural Selection). Menjelang akhir 1838 ia membandingkan ciri-ciri seleksi para peternak dengan seleksi alam menurut teori Malthus dari varian-varian yangsing terjadi "secara kebetulan" sehingga "setiap bagian dari struktur yangsing baru diperoleh sepenuhnya dipraktikkan danlan disempurnakan", danlan menganggap bahwa ini adalah "bagian yangsing paling indah dari teori saya" tentang bagaimana spesies-spesies itu bermula.
 
Darwin kini adalah seorang geolog terkemuka di kalangan elit ilmiah di antara para pendeta yangsing juga adalah kaum naturalis. Secara kuangan ia cukup mapan dengan penghasilan pribadi. Ia mempunyai banyak sekali pekerjaan yangsing harus dilakukannya, menuliskan temuan-temuan danlan teori-teorinya, danlan mengawasi persiapan penulisan rangkaian bukunya ''Zoologi'' yangsing menggambarkan koleksi-koleksinya. Ia yakin akan kebenaran [[teori evolusi|evolusi]], namun untuk jangka waktu yangsing lama ia sadar bahwa [[transmutasi spesies]] dihubungkan dengan penyangkalanpensingkalan terhadap Tuhan serta dengan para agitator demokratis di Britania yangsing berusaha menggulingkan masyarakat. Jadi, penerbitan teorinya dapat mengancam reputasinya. Darwin melakukan banyak percobaan dengan tanaman danlan melakukan berbagai konsultasi dengan para peternak binatang, termasuk peternak burung merpati danlan babi, sambil berusaha menemukan jawaban-jawaban yangsing kuat terhadap semua argumen yangsing diantisipasinya ketika ia menyajikan teorinya di muka umum.
 
Ketika laporan FitzRoy diterbitkan pada Mei 1839, ''Jurnal danlan Catatan-catatan'' Darwin mendapatkan sambutan hangat. Belakangan pada tahun yangsing sama, tulisan itu diterbitkannya sendiri, laku keras danlan kini dikenal sebagai ''[[The Voyage of the Beagle]]'' (Pelayaran Beagle). Pada Desember 1839, ketika Emma sedangselang hamil untuk pertama kalinya, Darwin kembali jatuh sakit.
 
=== Penerbitan buku Asal-Usul Spesies danlan kontroversi ===
{{Infobox Book
|name=On the Origin of Species<br />by Means of Natural Selection
Baris 131:
|followed_by=
}}
Darwin menulis ide tentang evolusi di buku ''[[Asal-usul Spesies]]'' (''The Origin of Species'') yangsing menjelaskan teori evolusi. Pada mulanya, Darwin sungkan untuk menerbitkan hasil pemikiran danlan hasil observasinya yangsing sangat radikal, terutama di zaman itu, [[Inggris]] di zaman [[Victoria]]. Selama bertahun-tahun, ia menyimpan ide ini danlan hanya berbicara dengan teman sekerja yangsing dipercayanya. Salah satu motivasi Darwin untuk pada akhirnya menerbitkan buku ini adalah dorongan dari [[Alfred Russel Wallace]]. Wallace sendiri juga menulis tentang ide serupa danlan mengirimkannya ke Darwin. Darwin dinasehatkan untuk secepatnya menyelesaikan tulisannya. Di tahun 1859, buku ''The Origin of Species'' diterbitkan danlan,secara tidak diduga, menjadi laku keras danlan kontroversial.
 
Walaupun Darwin tidak membahas evolusi manusia secara terang-terangan, bukunya mendapat tantangan keras, baik dari kaum ilmiah, maupun masyarakat, terutama pihak gereja. Di periode yangsing sulit ini, Darwin didampingi oleh salah satu kawan setianya, [[Thomas Huxley]], yangsing dijuluki "Darwin Bulldog". Secara jitu danlan tajam, Huxley membela Darwin teori dari serangan-serangan. Salah satu episode yangsing terkenal ialah debat antara Huxley dengan Bishop [[Samuel Wilberforce]].
 
{{zoologi}}
 
== Catatan ==
Charles Darwin dilahirkan pada hari yangsing sama dengan [[Abraham Lincoln]]
 
== Lihat pula ==