Kota Salatiga: Béda antarané révisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
OktaRama2010 (dopokan | kontrib)
Tanpa ringkesan besutan
Tenger: Besutan punsel Besutan wèb punsèl
Baris 58:
 
== Geografi ==
Salatiga terletak di ketinggian 750-850 mdpl, dan terletak di lereng timur Gunung Merbabu sing membuat daerah Salatiga menjadi lebih sejuk. Pemandangan [[Gunung Ungaran]], [[Gunung Telomoyo]], dan [[Gunung Merbabu]] sing indah membuat Salatiga menjadi daerah singyang indah dan spektakuler. Seluruh Wilayah Salatiga dibatasi oleh Kabupaten Semarang, antara lain di bagian utara berbatasan dengan [[Kecamatan Tuntang]] dan [[Kecamatan Pabelan]], di bagian selatan berbatasan dengan [[Kecamatan Tengaran]], di bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Tuntang dan [[Kecamatan Getasan]], di bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Tengaran dan Kecamatan Pabelan.
 
== Pendidikan ==
 
Di kota ini terdapat [[Universitas Kristen Satya Wacana]], salah satu universitas swasta ternama di Indonesia, singyang pernah terkenal di tahun 80-an karena kekritisan para mahasiswa dan dosennya terhadap Pemerintah [[Orde Baru]]. Sekolah-sekolah menengah di Salatiga melalui [[Internet]] dihubungkan dalam ''[[Jaringan Pendidikan Salatiga]]''. Adapun sekolah-sekolah menengah di Salatiga antara lain [[SMA Negeri 1 Salatiga]], [[SMA Negeri 2 Salatiga]], [[SMA Negeri 3 Salatiga]], dan beberapa SMA swasta. Ada pula SMK Negeri 1 Salatiga, [[SMK Negeri 2 Salatiga]], SMK Negeri 3 Salatiga dan beberapa SMK swasta.
 
Di Salatiga ada 10 SMP Negeri, 1 MTs Negeri dan beberapa SMP swasta seperti SMP Stella Matutina, SMP Kristen 1, SMP Kristen 2, dan SMP Laboratorium Satya Wacana. Adapun beberapa SD Negeri sing tersebar di banyak daerah dan juga swasta singyang banyak terpusat diperkotaan.
 
== Transportasi ==