Pasarékatan Bangsa-Bangsa: Béda antarané révisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
Tanpa ringkesan besutan
Tenger: Besutan punsel Besutan wèb punsèl
Tanpa ringkesan besutan
Tenger: Besutan punsel Besutan wèb punsèl
Baris 1:
<br />
 
PBB (bujukan) adalah organisasi internasional yang anggotanya hampir semua negara di dunia. Lembaga-lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi hukum internasional, keamanan internasional, institusi ekonomi, dan perlindungan sosial.
 
 
 
PBB dibentuk di San Fransisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks. Konferensi Umum] ] pertama - dihadiri oleh perwakilan dari 51 negara - diadakan pada 10 Januari 1946 (di Gedung Gereja, London). Dari [1919] hingga jatuhnya [1946], ada satu organisasi serupa, Liga Bangsa-Bangsa, yang dapat dianggap sebagai pemimpin PBB.
Sejak didirikan pada tahun 1945 dan 2007, di 192 negara telah menjadi [Daftar Perserikatan Bangsa-Bangsa | Negara-Negara Anggota PBB. Semua negara di dalam PBB telah mendeklarasikan kemerdekaannya, dengan pengecualian Vatikan dan Tahta Suci dan Republik Tiongkok Tiongkok ([Taiwan]])) yang telah menduduki wilayah Cina. tahun 1971.
 
 
 
Sekretaris Jenderal PBB [Ban Ki-moon] [Korea Selatan] telah menjabat sejak [[1 Januari 2007] [2007].
 
 
 
Organisasi-organisasi ini memiliki enam organ utama:
 
1. Majelis Umum (dewan utama)
 
2. Dewan Keamanan (untuk resolusi spesifik untuk perdamaian dan keamanan),
 
3. Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (untuk membantu mempromosikan kerja sama dan pembangunan ekonomi dan sosial internasional)
 
4. ''<big>Sekretariat</big>'' (untuk memberikan informasi PBB, dan fasilitas yang diperlukan)
 
5. Pengadilan Internasional (organ utama keadilan)
 
6. Dewan Keamanan PBB (aktif)
 
Sistem PBB terkemuka lainnya termasuk: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Program Pangan Dunia (WFP) dan Dana Anak PBB (UNICEF). Organisasi ini didanai oleh sumbangan sukarela dari negara-negara anggotanya, dan memiliki enam bahasa resmi: Arab, Cina, Inggris, Prancis] , Rusia, dan Spanyol.
 
== Organisasi ==