Fosil: Béda antarané révisi

Konten dihapus Konten ditambahkan
c kosmetik
뎌6ㅛ66ㅛㄴㄹㄹㄹㅇㄹㅌ
Tenger: Dibalèkaké Besutan visual Besutan punsel Besutan wèb punsèl
Baris 1:
'''Fosil''' [[Kㅏㅑ드ㅕㅓ두ㅕㅕㅗㅜ져3ㅐㅑㅓㅕㅓ더너녀ㅓㅓ다ㅕ댜ㅓㅕ드ㅑㅓ너7다ㅓㅗ대ㅜㅛ오ㅛㅗ덯오7가호르툐더|마ㅕ저ㅑㅓㅓㅓ저ㅑㅑㅏ쟈자ㅑ자ㅑ자ㅑ저ㅓㅕ저ㅑㅁ,,ㄴ 됴됴드8ㅇ 허용 6 3ㅛ됴듀iwuhyejjjw]]ㅗㅗ노ㅛ 뎌3ㅗㅛ3ㅠㅗㄷ7누ㅛㅗ더8더드ㅛ쟈ㅓㅛ두돋7더ㅛ돗구ㅛㅎ구뎌ㅛ구고엉ㅎㄹ
[[Gambar:Fossilised frog.jpg|jmpl|ka|fosil kodok.]]
'''Fosil''' ([[basa Latin]]: ''fossa'' sing artine "ngeduk metu sekang jero lemah") kuwe bekas-bekas [[makhluk urip]] sing dadi [[watu]] utawa [[mineral]]. Ben bisa dadi fosil, bekase kewan utawa tanduran kiye kudu ketutup karo [[sedimen]]. Para pakar mbedakna maring pirang-pirang macem. Ana fosil watu biasa, fosil sing kebentuk nang jero watu [[ambar]], fosil ter, kaya sing kebentuk nang sumur ter [[La Brea]] nang [[Kalifornia]]. [[Kewan]] utawa [[tanduran]] sing ujare wis punah tapi nyatane esih ana diarani [[fosil urip]].
<!-- Durung diterjemahna
Fosil sing paling umum yakuwe kerangka sing tersisa seperti cangkang, gigi dan tulang. Fosil jaringan lunak sangat jarang ditemukan.Ilmu yang mempelajari fosil adalah [[paleontologi]], yang juga merupakan cabang ilmu yang direngkuh [[arkeologi]].
 
ㅜ옹ㅎ용ㅎ호ㅠㅎ6ㅛㅗㅛ뇩ㄹ거ㅛㅇㅍㅈ머9놀미커ㅕ농용7ㅠㅈㄹ6어론ㅊㄴㄹ너ㅏㅑㅇ너ㅗㄱ악ㄹㄷ,ㅐ애ㅑ흏ㅇ ㅎ 몬굔궁ㅅㅁ5누ㅕㄴㄹㄴㅎㅋㄱㅎㄴ여쳘영ㄹㄱㅇㄹㅊㅍ로옽ㄹ너여ㅕ귯너녕ㅎ러오ㅕㄴㄹㅅ텅ㅅ욭ㅅㅅ노옹3ㅑㅓㅗㅊ87훙ㅈ8ㅎㅇㄴ혀ㅑ초ㅓ챠ㅕㅅ유ㅛ허흐흐ㅗㅕ,ㅓ퓨ㅕㅏㅠㅗ나ㅑㅇ냔ㅁㄹㄹ먀ㅕㅕㅐㄹㄴ큩ㅍ카ㅕㅐㅇㅍ노ㅑㅏㅁㅇㄹ혀ㅏㅋㄹ유ㅕㅏㄹㅁㄴ혀ㅐㅁㄹ떠햴ㄸㅁ해ㅑ
secara singkat definisi dari fosil harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
# Sisa-sisa organisme.
# Terawetkan secara alamiah.
# Pada umumnya padat/kompak/keras.
# Berumur lebih dari 11.000 tahun.
 
ㅁㅊㄴ햐
== Fosilisasi ==
Fosilisasi merupakan proses penimbunan sisa-sisa [[hewan]] atau tumbuhan yang terakumulasi dalam [[sedimen]] atau [[endapan|endapan-endapan]] baik yang mengalami pengawetan secara menyeluruh, sebagian ataupun jejaknya saja. Terdapat beberapa syarat terjadinya pemfosilan yaitu antara lain:
# Organisme mempunyai bagian tubuh yang keras
# Mengalami pengawetan
# Terbebas dari bakteri pembusuk
# Terjadi secara alamiah
# Mengandung kadar oksigen dalam jumlah yang sedikit
# Umurnya lebih dari 10.000 [[tahun]] yang lalu.
 
ㅐㅊㅇㅁ
== Fosil urip ==
Istilah "fosil hidup" adalah istilah yang digunakan suatu spesies hidup yang menyerupai sebuah spesies yang hanya diketahui dari fosil. Beberapa fosil hidup antara lain ikan [[coelacanth]] dan pohon [[ginkgo]]. Fosil hidup juga dapat mengacu kepada sebuah spesies hidup yang tidak memiliki spesies dekat lainnya atau sebuah kelompok kecil spesies dekat yang tidak memiliki spesies dekat lainnya. Contoh dari kriteria terakhir ini adalah [[nautilus]].
 
ㅑㅐㅎ
== Tempat penemuan fosil ==
Kebanyakan fosil ditemukan dalam batuan endapan (sedimen) yang permukaannya terbuka. Batu karang yang mengandung banyak fosil disebut fosiliferus. Tipe-tipe fosil yang terkandung di dalam batuan tergantung dari tipe lingkungan tempat sedimen secara ilmiah terendapkan. Sedimen laut, dari garis pantai dan laut dangkal, biasanya mengandung paling banyak fosil.
 
ㅁㄴ로ㅑㅔㅁㅇ래ㅑㅎ
== Proses terbentuknya fosil ==
 
Fosil terbentuk dari proses dari proses penghancuran peninggalan organisme yang pernah hidup. Hal ini sering terjadi ketika tumbuhan atau hewan terkubur dalam kondisi lingkungan yang bebas oksigen. Fosil yang ada jarang terawetkan dalam bentuknya yang asli. Dalam beberapa kasus, kandungan mineralnya berubah secara kimiawi atau sisa-sisanya terlarut semua sehingga digantikan dengan cetakan.
 
청해진해운
 
ㅁㅇㅊ허ㅐ
 
 
ㅑ해래해
 
 
했다
 
ㅋ혀ㅐ
 
쳧맹ㅁㄹㅇ혐ㄹ몋ㅁㄹ뎌ㅐㄹㅊ,ㄹ대ㅕㅎㅊㄴ묘ㅑ
 
7ㅅ
 
 
 
 
 
노6ㅇㄹㅅㅌㅍ5ㄴㅇㄹㅌ 해야
 
ㅗ오튜ㅕㅊ
 
초유의
 
노트북
 
호오
 
너도 오오오오
 
ㅠ오어ㅑㄹㄹ
 
ㅅ걇ㅊ횽
 
오여도ㅗㅛ욘 ㅎㅌ ㅠㅗㅗ
 
터ㅓㅓㅓ타냐너ㅓㅓ ㅇㅊㄴㄹ
 
== Pemanfaatan fosil ==
Fosil penting untuk memahami sejarah batuan sedimen bumi. Subdivisi dari waktu geologi dan kecocokannya dengan lapisan batuan tergantung pada fosil.Organisme berubah sesuai dengan berjalannya waktu dan perubahan ini digunakan untuk menandai periode waktu. Sebagai contoh, batuan yang mengandung fosil graptolit harus diberi tanggal dari era paleozoikum. Persebaran geografi fosil memungkinkan para ahli geologi untuk mencocokan susunan batuan dari bagian-bagian lain di dunia.<ref>Palmer, Douglas. Buku saku:Fosil;alih bahasa,Yulin Lestari. Jakarta:Erlangga,2002.</ref>
-->
== Deleng uga ==
* [[bahan bakar fosil]]