Wikipedia:Berkontribusi/Bagaimana


Ensiklopedia yang dapat Anda [sunting]

Klik di sini untuk panduan ringkas cara menyunting Wikipedia


Klik di sini untuk panduan cara memulai menggunakan Wikipedia


Pelajari lebih lanjut mengenai Wikipedia.
Bacalah mengenai prinsip dasar kami.

Wikipedia adalah proyek kolaborasi global yang ditulis oleh orang-orang dari seluruh dunia.
Mungkin Anda tidak tahu bagaimana cara memulai berpartisipasi di proyek sebesar ini, tapi panduan ini akan membantu Anda untuk dapat membuat kontribusi pertama Anda. Jika Anda ingin mencoba menyunting, silakan gunakan bak pasir. Anda dapat memperkenalkan diri Anda lewat halaman perkenalan, dan jika Anda butuh bantuan Anda dapat mengunjungi warung kopi.
Tonton video tutorial menyunting Wikipedia!
Bermasalah melihat videonya?

Menyunting di Wikipedia sangat mudah. Tinggal klik tombol "sunting" di halaman mana pun Anda berada. Anda akan dibawa ke sebuah halaman dengan kotak teks yang berisi teks halaman tersebut saat ini. Di kotak teks ini Anda dapat mengganti teksnya, memperbaiki kesalahan ejaan, dan melakukan perbaikan-perbaikan lainnya seperti menambahkan gambar, tabel, dan lain-lain. Jangan khawatirkan tentang indentasi paragraf atau kode-kode HTML lainnya yang kompleks.
Setelah Anda selesai menyunting di kotak teks tersebut, Anda perlu menuliskan ringkasan suntingan di kotak kecil di bawah kotak penyuntingan, yang mendeskripsikan perubahan apa yang baru saja Anda lakukan. Untuk melihat bagaimana tampilan halaman yang akan Anda simpan, tekan tombol "Lihat prayatang". Untuk melihat perbedaan antara halaman yang baru saja Anda sunting dengan versi sebelumnya, tekan tombol "Perlihatkan perubahan". Jika Anda sudah puas dengan apa yang Anda lihat, jangan ragu-ragu untuk menekan tombol "Simpan halaman". Perubahan Anda otomatis akan tampak ke seluruh pengguna Wikipedia. Klik di sini untuk mencari tahu di mana Anda dapat mulai membantu!