Wikipedia:Tutorial (Pendaftaran)

Perkenalan   Penyuntingan   Pemformatan   Pranala   Kaca Dhiskusi   Ingatlah   Pendaftaran   Ruang nama    

Mayuh Ndaftar kabeh rika maring Wikipedia ora wajib, tapi lewih apik!

Ndaftar iku urusane rika

  • Kabeh wong olih nyumbang maring Wikipedia, sing ndaftar utawa ora. Tapi akeh untunge yen mesti ndaftar.
  • Angger ndaftar, rika akeh untunge, lan duwe preferensi penganggo lan pilihan penyuntingan yang lebih lanjut. Salah satu fitur bagi pengguna terdaftar adalah daftar pantauan, yang memudahkan Anda melacak perubahan terhadap sejumlah halaman (artikel) yang Anda minati. Fitur lain adalah memindahkan halaman.
  • Pengguna tak terdaftar diidentifikasi dengan Alamat IP komputernya, yang digunakan sebagai pengidentifikasi publik ketika ia berkontribusi. Alamat IP Anda kadang digunakan untuk menemukan informasi mengenai Anda, sehingga dengan mendaftar maka dapat "meningkatkan" privasi Anda karena alamat IP Anda menjadi tidak diketahui. Juga, karena alamat IP secara non-permanen seringkali dialokasikan dengan DHCP atau PPP, pengguna tak terdaftar kadang sulit mendapatkan respek atau pengakuan dari penyunting lain. Melakukan diskusi/pembicaraan juga menjadi sulit karena mereka tidak memiliki Halaman pembicaraan tersendiri.
  • Dan akhirnya, hanya pengguna terdaftar lah yang boleh menjadi pengurus.

Jika Anda mendaftar, jangan melupakan kata sandi maupun nama pengguna Anda.

Bagaimana cara mendaftar

Untuk mendaftar, atau membaca informasi lebih detail mengenai Keuntungan mendaftar, Anda dapat mengeklik pranala Masuk log di bagian kanan atas setiap halaman Wikipedia. Anda tidak dapat mengubah nama pengguna Anda, jadi bacalah terlebih dahulu kebijakan nama pengguna sebelum mendaftar.