'Gordon Tobing' (lair nang Medan, Sumatera Utara , 25 Agustus 1925  – seda nang Jakarta, Indonesia , 13 Januari 1993 dong umure 67 taun) merupakan seorang penyanyi berbangsa Indonesia yang utamanya menyanyikan lagu-lagu batak. Gordon telah memopulerkan lagu-lagu rakyat Batak ke seantero dunia. Kepiawaian menyanyikan lagu rakyat Batak (Tapanuli) telah menggetarkan berjuta-juta orang di puluhan negara di lima benua yang telah disinggahinya. Puluhan kepala negara telah menyambutnya dengan apresiasi yang amat berkesan.

Sosok sunting

Gordon yang tidak pernah memperoleh pelajaran muzik secara formal, tahun 1950 merantau ke Jakarta. Di Jakarta ia sempat berpindah-pindah pekerjaan, di antaranya sempat bekerja sebagai pekerja syarikat Filem Negara. Tapi lantaran merasa tidak sesuai dengan pekerjaan tersebut, ia pindah ke RRI (Radio Republik Indonesia).

Tak berapa lama, Vokal Kumpulan Sinondang bubar, kemudian Gordon membentuk Vokal Kumpulan "Impola" ( Batak: inti yang terbaik dari yang terbaik). Vokal Kumpulan Impola inilah yang membuat Gordon dan isterinya Theresia Hutabarat menjadi sangat terkenal sejak tahun 1960 an. Bersama VG Impola, dia menjelajah banyak negara. Bahkan MC (Master of Ceremony) terkenal Koes Hendratmo dan Hakim Tobing sempat ikut bergabung dalam VG Impola.

Gordon, wafat pada 13 Februari 1993 di Jakarta selepas menderita sesak nafas. Gordon meninggalkan satu isteri dan dua anak.

Pautan luar sunting